3 Tempat Wisata Dikenalkan Siantar Touring Club, Dinas Pariwisata : Siap Tingkatkan Kerjasama

SIMALUNGUN, Anak-anak Siantar melalui komunitas Siantar Touring Club (STC) menjelajahi (memperkenalkan) 3 obyek wisata di Simalungun.

Adapun ketiga tempat wisata itu adalah Pantai kerikil Siporo-poro di Huta Salbe Nagori Togu Domu Nauli kecamatan Dolok Pardamean Simalungun, kedua Gua Baba Liang di nagori Pasir batu kecamatan Haranggaol Horison. dan yang ketiga Air terjun Binanga Bolon di Nagori Pasir batu Haranggaol.

Tagor Sitohang, SH ketua tim penjelajah Wisata Danau Toba pada Minggu (23/2/2020) di sekretariat STC  jalan Farel pasaribu gang Anggur  mengatakan, wisata yang ada di Simalungun tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata lainnya, hanya saja pemerintah bersama masyarakat mau merawat dan melestarikannya.

Siantar Touring Club Perkenalkan 3 Wisata di Simalungun

"Kami sudah melihat Gua Babaliang potensinya cukup luar biasa sekali, saya bandingkan dengan wisata gua yang ada di Indonesia ternyata potensi Gua Baba Liang ini cukup bagus sekali. Pastinya Gua Babalian nantinya bisa menjadi obyek wisata andalan di Simalungun, saya mengajak masyarakat setempat untuk merawat dan menjaga kelasliannya,"ungkapnya.

Demikian juga Pantai Kerikil Siporoporo, Tagor Sitohang menjelaskan, Pantai Pasir Kerikil Siporo-poro memilik daya tarik sendiri, karena Pantai ini cukup unik dan bersih.

"Luar biasa kebersihan air danau Toba karena banyaknya kerikil disini, Di pantai ini kita bisa mengajak keluarga (anak-anak), karena pantainya danggkal dan kerikilnya halus tapi tidak tajam. Dan enaknya lagi pantai ini bisa tempat berkemah,"jelas Tagor Sitohang bersama tim Siantar Touring Club juga telah menjelajah Samosir, Balige, Humbahas, Taput dan Pantai pandang Tele di perbatasan dairi.


Pada kesempatan itu, Tagor Sitohang juga memperkenalkan Air Terjun Binagan Bolon yang belum banyak tersentuh pembangunan.

"Air terjun Binaga Bolon juga sangat bagus sekali, apa bila sedikit saja mendapat sentuhan (pembangunan) saya yakin Binaga Bolon akan banyak pengunjungnya, tentunya masyarakat setempat akan mendapat imbasnya (kesejahteraan(,"terang tagor Sitohang, bahwa ketinggian Binaga Bolon menjadi daya tarik tersendiri.

"Saya harapkan 3 tempat destinasi di Simalungun ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah kabupaten simalungun, karena ke tiga tempat wisata ini dapat mensejahterakan masyarakatnya."tambahanya lagi.

Sebelumnya, Joni Monang ketua Bankom Garuda bangga akan anak-anak Siantar melalui Siantar Touring Club yang mau peduli sejarah dan budaya bangsa.

"Saya bangga, dan akan terus mendukung anak-anak Siantar yang mau memperkenalkan wisata Danau Toba,"kata Joni Monang, Sabtu (15/2/2020) saat memberangkatkan tim Siantar Touring Club ke Danau Toba di jalan patimura Pematangsiantar.



Joni juga mengatakan, agar anak-anak bangsa mau mempertahankan seni dan kebudayaan bangsa.

"Anak-anak muda harus mempertahankan seni dan kebudayaan kita, mengali dan mempelajarinya, sehingga seni , kebudayaan dan sejarah budaya tidak punah. Tetap semangat anak-anak Siantar,"kata Joni Monang Garuda 1 ini.

Anson Napitupulu Sekretaris Dinas Pariwisata Simalungun ketika ditemui diruang kerjanya di komleks kantor Bupati Simalungun di Pematang raya menyampaikan ucapan terimaksih kepada tim Siantar Touring Club yang mau mempromosikan tempat-tempat wisata di kabupaten Simalungun.

"Kami bersedia bekerjasama nantinya bersama tim Siantar Touring Club menjelajahi (Memperkenalkan) tempat-tempat Wisata di Simalungun, terimakasih atas masukannya bagaimana meningkatkan minat dan kunjungan wisata di Simalungun,"kata Anson Napitupulu, bahwa Dinas Pariwisata juga mengagendakan beberapa tempat Wisata program andalan termasuk kawa Putih Tinggi Raja.

"Masukan 3 Destinasi wisata yang dipernalkan Siantar Touring Club pasti kami masukan juga nantinya menjadi wisata unggulan,"kata Anson, bahwa Air terjun Binaga Bolon sudah masuk pembahsan (program) pembangunan tahun 2021.





Laporan_DanauTobaCenter

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.